TANGSEL, BANTEN – Ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 yang berlangsung di International Convention Exhibition Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, pada 24 Juli – 3 Agustus 2025, menunjukkan tren positif konsumen terhadap kendaraan ramah lingkungan.

Honda sendiri mencatat 1.908 unit pemesanan selama pameran, dengan data yang mencerminkan pergeseran preferensi konsumen.

Segmen kendaraan hybrid berkontribusi signifikan hingga 30 persen dari total pemesanan, menandakan meningkatnya kesadaran konsumen terhadap teknologi ramah lingkungan.

Meski demikian, segmen entry level tetap menjadi tulang punggung dengan kontribusi lebih dari 50 persen atau 941 unit, menunjukkan daya beli di segmen ini masih solid. Model-model lainnya menyumbang sekitar 20 persen dari total pemesanan.

Apresiasi terhadap inovasi teknologi terlihat dari penghargaan yang diraih Honda di pameran ini. HR-V dan STEP WGN mencatat pemesanan masing-masing 412 unit dan 101 unit, sementara STEP WGN e:HEV meraih penghargaan sebagai MPV favorit pilihan jurnalis dan Super EV Concept sebagai mobil konsep favorit pilihan konsumen.

“Konsumen kini memiliki lebih banyak pilihan sesuai kebutuhan mereka. Kepercayaan ini menjadi semangat untuk terus menghadirkan pengalaman terbaik dalam seluruh siklus kepemilikan,” kata Shugo Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor.

Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor, menjelaskan bahwa angka pemesanan tahun ini menyamai hasil tahun sebelumnya, dengan peningkatan pada Brio dan lini hybrid sejalan dengan fokus mempertahankan penetrasi segmen pembeli mobil pertama dan pengembangan pasar hybrid. (HL)