Rastranews.id, Makassar – Guna membenahi tata kelola dan meningkatkan kualitas pelayanan parkir, Perumda Parkir Makassar menggelar Rapat Koordinasi dan Silaturahmi Internal yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama Adi Rasyid Ali, Kamis (9/10/2025).

Rakor ini tidak hanya menjadi momentum untuk menyelaraskan visi, tetapi juga meluncurkan sejumlah inisiatif strategis, termasuk penyediaan 1.000 rompi baru bagi petugas dan penekanan pada kedisiplinan serta profesionalisme seluruh jajaran.

Perumda Parkir Makassar menunjukkan komitmen seriusnya dalam menertibkan dan memprofesionalkan pelayanan parkir di Kota Daeng.

Direktur Utama Perumda Parkir Makassar, Adi Rasyid Ali (ARA), dalam arahannya tegas menekankan pilar utama perubahan, disiplin dan profesionalisme.

“Kita punya banyak cara untuk menertibkan. Kalau tidak mau tertib, ya kita punya langkah-langkah tegas. Namun, pendekatan kita diawali dengan komunikasi yang baik kepada semua pihak,” tegas ARA di hadapan seluruh peserta rakor.

Sebagai bentuk komitmen yang konkret, ARA mengumumkan bahwa Perumda telah menyiapkan sekitar 1.000 rompi baru untuk petugas parkir (jukir).

Rompi-rompi ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan kesan resmi dan rapi, tetapi juga bagian dari standarisasi seragam.

Yang menarik, program ini didukung melalui kerja sama dengan sponsor, termasuk koordinasi dengan pusat perbelanjaan besar seperti Mall Panakkukang.

“Kami mengajak semua pihak untuk berkolaborasi. Jika kita ingin tertib, maka fasilitas pendukungnya harus memadai. Rompi ini adalah simbol identitas dan kebanggaan agar jukir kita diakui dan dihormati,” jelas ARA.

Sementara itu, Direktur Operasional Andi Ryan Adrianto menyampaikan semangat perubahan dari tim inti perusahaan. Ia menegaskan bahwa bidang operasional adalah jantung Perumda Parkir Makassar dan berkomitmen untuk membawa perubahan positif.

“Kami adalah anak-anak muda yang haus akan pembelajaran dan peningkatan. Jika tahun ini kita bisa naik satu tingkat, mengapa tidak bisa sepuluh tingkat? Semua bergantung pada semangat dan kerja keras kita,” ujar Ryan dengan penuh motivasi.

Ryan juga menekankan pentingnya keseimbangan antara ketegasan dan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan di lapangan, mengingat kompleksnya tantangan yang dihadapi oleh petugas operasional.

Rakor ini juga menjadi platform untuk mempercepat program-program strategis. Dua hal yang mendapat perhatian khusus adalah program sertifikasi bagi petugas parkir dan pengembangan sistem parkir langganan (subscription).

Program sertifikasi diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kredibilitas petugas, sementara parkir langganan ditujukan untuk memberikan kemudahan dan kepastian layanan bagi pelanggan setia, khususnya di kawasan perkantoran dan bisnis.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh seluruh pimpinan Perumda Parkir Makassar, yang menandakan keseriusan collective leadership dalam mendorong transformasi ini. (HL)