Rastranews.id, Makassar – Pasca merger menjadi bagian dari PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART), SMARTFREN mempertegas langkah strategisnya dengan memperluas cakupan jaringan, menghadirkan produk unggulan Unlimited.
Serta memperkuat engagement pelanggan melalui aktivitas brand secara nasional dan program loyalitas digital. Inisiatif ini sejalan dengan tagline XLSMART, “Bersama, Melaju Tanpa Batas”, yang mencerminkan komitmen perusahaan untuk memberikan layanan merata, kompetitif, dan inovatif bagi masyarakat Indonesia.
Chief Marketing Officer SMARTFREN XLSMART, Sukaca Purwokardjono, mengatakan, SMARTFREN hadir untuk menjawab kebutuhan pelanggan dengan layanan worry-free yang terjangkau.
“Dengan perluasan jaringan dan integrasi teknologi, kami menargetkan pertumbuhan pelanggan baru setelah merger, sekaligus memastikan setiap pelanggan merasakan konektivitas yang lebih baik dan stabil di lebih banyak kota di Indonesia, “katanya, Rabu (17/9/2025).
Kini, SMARTFREN sudah hadir lebih luas di seluruh wilayah Indonesia. Area-area baru yang sebelumnya tidak terjangkau seperti Bengkulu, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sumbawa, hingga Nusa Tenggara Timur kini sudah merasakan layanan SMARTFREN.
Integrasi infrastruktur XL dan SMARTFREN menghadirkan konektivitas yang lebih luas, stabil, dan handal, memberikan pilihan baru bagi jutaan masyarakat.
Sukaca menambahkan, dalam perluasan wilayah ini, SMARTFREN menawarkan produk unggulan UNLIMITED dengan tema Worry-Free. Internetan tanpa khawatir kuota habis menjadi daya tarik utama, menjadikan UNLIMITED sebagai produk favorit pelanggan.
Melengkapi itu, ada juga paket Nonstop dan beragam pilihan paket Kuota. Dan saat ini semua paket layanan yang aktif akan mendapatkan bonus gratis nelpon ke semua nomor SMARTFREN, XL, dan AXIS. Sehingga pelanggan bisa selalu tetap terhubung.
Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan SMARTFREN juga menghadirkan pengalaman baru melalui teknologi digital SARAH, chatbot berbasis AI, siap membantu pelanggan 24 jam, kapanpun mereka membutuhkan solusi.
Di sisi lain, aplikasi mySF terus dikembangkan dengan fitur pembayaran instan, konten digital, poin reward, dan promosi eksklusif. Semua ini dirancang agar pelanggan merasa lebih mudah, lebih nyaman, dan lebih dekat dengan layanan SMARTFREN.
Bagi SMARTFREN, loyalitas pelanggan bukan hanya soal produk dan layanan, tapi juga soal kedekatan emosional. Karena itu, SMARTFREN aktif menjalankan kegiatan yang hadir lebih dekat dan melibatkan pelanggan.
Program seperti SMARTFREN Fun Run yang akan hadir di 35 kota hingga akhir 2025, serta konser Malam 100 Cinta yang akan menampilkan pagelaran seni budaya karya anak bangsa.
“Hal itu menjadi ruang pertemuan antara SMARTFREN dan pelanggan, menghadirkan momen kebersamaan yang selaras dengan tagline SMARTFREN 100% Untuk Indonesia, “ujar Sukaca.
Secara keseluruhan, XLSMART saat ini melayani lebih dari 82,6 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Di akhir kuartal kedua 2025, total jumlah BTS XLSMART mencapai lebih dari 209 ribu BTS, meningkat 28% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
“XLSMART terus melakukan upaya peningkatan kualitas jaringan dan pengalaman pelanggan. Fondasi infrastruktur ini menjadi kunci untuk menghadirkan layanan yang merata, berkualitas, dan berdaya saing tinggi,” terang Sukaca.(JY)