Rastranews.id, Makassar – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Makassar, Muhammad Rheza menegaakan seluruh aduan masyarakat akan direspon secara cepat.

Respon cepat itu sebagai langkah awal untuk menindaklanjuti seluruh aduan yang masuk.

“Pada dasarnya kita respon secepat mungkin. Ini sebagai bentuk layanan kami kepada masyarakat. Respon awal kami maksimal 1×24 jam,” ujar Muhammad Rheza ditemui beberapa waktu lalu dikutip Senin (20/10/2025).

Diantara aduan yang sering masuk, umumnya berkaitan dengan parkir liar, kemacetan lalu lintas, lampu lorong dan lampu jalan yang rusak. Ada pula lampu lalu lintas yang tidak berfungsi.

Laporan tersebut juga bisa diterima Dishub Makassar melalui aplikasi Lontara+.

Di aplikasi itu, seluruh laporan tersebut ditangani melalui pengendalian lapangan dan koordinasi langsung dengan tim penindak.

“Petugas akan langsung turun ke lapangan. Misalnya melakukan penertiban parkir liar atau pengaturan lalu lintas sesuai laporan masyarakat,” tegasnya.

Salah satu aduan masyarakat yang langsung direspom yakni adanya parkir liar di depan RS Siloam Makassar beberapa waktu lalu hingga viral di media sosial.

Tak cukup waktu lama, petugas Dishub Makassar langsung berjaga di lokasi.

Setiap hasil tindaklanjut di lapangan lanjut dia, kembali dilaporkan kepada pelapor melalui aplikasi Lontara+.

Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui hasil dari aduan yang mereka sampaikan.

“Langkah cepat ini adalah bentuk komitmen Dishub dalam mendukung terwujudnya pelayanan publik yang tanggap, transparan, dan berbasis digital, sejalan dengan visi Wali Kota yang terus digalakkan Pemerintah Kota Makassar,” pungkasnya. (MA)