MAKASSAR, SULSEL — Perkembangan model bisnis ritel otomotif di Sulawesi Selatan terus menunjukkan dinamika menarik. Salah satunya tampak dari perayaan ulang tahun pertama Astra Motor Xperience Centre (AMEC), Selasa (8/7/2025), yang mengangkat pendekatan baru dalam pengembangan showroom berbasis lifestyle dan komunitas.

AMEC yang berlokasi di salah satu pusat perbelanjaan di Makassar ini mengusung konsep ruang interaksi terbuka, menyasar konsumen muda dan komunitas sebagai bagian dari strategi mendekatkan brand kepada masyarakat.

Dwi Priyatno, HC3 Supervisor Asmo Sulsel, mengatakan AMEC tidak sekadar menjadi showroom kendaraan, tetapi dirancang sebagai ruang interaksi sosial dan pengalaman. “Kami ingin menjadikan tempat ini sebagai pusat aktivitas yang fun dan inklusif, sehingga lebih relevan dengan gaya hidup masyarakat urban, khususnya generasi muda,” ujarnya.

Hendri Rubin, PDCA Analyst Asmo Sulsel, menambahkan bahwa pendekatan tersebut bagian dari transformasi layanan konsumen yang kini mengutamakan pengalaman dan keterlibatan komunitas. “Fasilitas seperti apparel corner, simulator MotoGP, hingga area gathering dihadirkan untuk menciptakan pengalaman menyeluruh yang lebih dari sekadar transaksi,” katanya.

Selama setahun beroperasi, AMEC tidak hanya menjadi etalase produk otomotif, tetapi juga ekosistem komunitas dan gaya hidup yang mengintegrasikan berbagai kegiatan interaktif. Mulai dari diskusi komunitas, aktivitas kreatif, hingga hiburan ringan seperti karaoke dan kuis turut menjadi bagian dari strategi engagement.

Marketing Manager Asmo Sulsel, Kresna Murti Dewanto, menyebut pendekatan ini sebagai bagian dari inovasi berkelanjutan dalam menghadirkan ruang usaha yang adaptif terhadap perubahan preferensi konsumen. “Kami ingin menjadi lebih dari sekadar pusat penjualan. Ini adalah komitmen kami untuk hadir lebih dekat, lebih inklusif, dan terus berkembang bersama masyarakat,” ujarnya.

Model bisnis berbasis pengalaman seperti ini mencerminkan tren yang berkembang dalam sektor ritel otomotif nasional, di mana sentuhan personal, aksesibilitas, dan integrasi gaya hidup menjadi faktor penting dalam membangun loyalitas konsumen di era pascapandemi.