Pada kesempatan tersebut, dia juga membagikan tiga pilar komunikasi strategis yang wajib dikuasai oleh seluruh insan Humas Pelindo, yaitu Pemahaman konteks, agar tidak salah menangkap isu. Teknik komunikasi yang tepat, termasuk penggunaan kalimat yang akurat. Serta Jaringan yang kuat dengan media, untuk membangun kepercayaan.
Arif Suhartono juga menegaskan bahwa menjaga reputasi Pelindo adalah tugas bersama seluruh insan perusahaan, bukan hanya fungsi humas. Dia mendorong semua elemen yang ada di perusahaan untuk memahami dan mendukung fungsi komunikasi secara aktif.
“Seluruh insan Pelindo harus menjadi duta informasi yang memahami substansi, sehingga dapat berperan bersama-sama dalam menjaga reputasi perusahaan,” tukasnya.
Group Head (GH) Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Sodikin mengatakan, Forum Humas merupakan salah satu wadah penting dalam menyatukan semangat, menyelaraskan strategi, dan memperkuat peran komunikasi di lingkungan Pelindo.
“Peran Humas saat ini tidak lagi sebatas penyampai pesan, namun telah menjadi garda depan dalam membentuk persepsi, menjaga reputasi, serta mendukung keberlanjutan bisnis perusahaan,” ujarnya.