MAKASSAR, SULSEL — Layanan Bus Trans Sulsel yang resmi beroperasi secara gratis hingga akhir 2025 langsung disambut antusias luar biasa oleh masyarakat. Bahkan, membludaknya penumpang membuat sejumlah bus mengalami kerusakan pada shockbreaker, patah akibat kelebihan beban.
Bus Trans Sulsel melayani kawasan Mamminasata yang mencakup Makassar, Maros, Gowa, dan Takalar, dan diharapkan menjadi solusi transportasi publik terintegrasi yang ramah masyarakat.
Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan, Andi Erwin Terwo, mengatakan Pemerintah Provinsi Sulsel telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp16,7 miliar untuk menyubsidi operasional Bus Trans Sulsel hingga akhir tahun ini. “Trans Sulsel ini gratis hingga akhir tahun,” ujar Erwin, Senin (14/7/2025).
Namun, antusiasme warga tidak main-main. Setiap unit bus yang seharusnya menampung maksimal 25 orang, terisi hingga lebih dari 45 penumpang. Overload ini menyebabkan beberapa armada mengalami kerusakan serius.
“Karena crowded, beberapa bus mengalami patah shockbreaker. Animo masyarakat naik hingga 200 persen,” ungkapnya.
Saat ini, Trans Sulsel mengoperasikan 27 unit bus yang terbagi dalam dua koridor. Koridor 1, yaitu Panakkukang Square – Pelabuhan Takalar, melalui CPI, RS Vertikal, Masjid 99 Kubah, hingga 105 halte pulang-pergi. Koridor 2, dari Universitas Hasanuddin – Bandara Sultan Hasanuddin – Terminal Kereta Api Mandai, Maros. Dilengkapi 51 halte dan terintegrasi dengan layanan Kereta Api Makassar–Parepare.
Sementara Trans Mamminasata masih beroperasi dengan satu rute utama: Unhas Tamalanrea – Unhas Gowa.
Tarif Masih Nol Rupiah, Tahun Depan Mungkin Berubah
Meskipun jumlah penumpang terus melonjak, Pemprov Sulsel belum memutuskan skema tarif resmi yang akan berlaku tahun depan. “Kalaupun ditetapkan tarif, kemungkinan tidak jauh dari tarif Bus Trans Mamminasata sebelumnya,” jelas Erwin.
Lonjakan penumpang ini jadi bukti bahwa akses transportasi publik yang murah dan mudah sangat dinantikan masyarakat. Namun tantangannya jelas: keselamatan dan kenyamanan harus jadi prioritas ke depan.