Rastranews.id, Makassar – Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional 2025 yang diperingati setiap 4 September, PT Bank Sulselbar menyelenggarakan serangkaian kegiatan edukasi dengan tema besar “Cyber Crime”.

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih bank atas kesetiaan nasabahnya, yang diwujudkan dalam komitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.

Rangkaian peringatan ini secara resmi dibuka dengan acara ramah tamah di Kantor Cabang Utama Makassar.

Turun langsung untuk menyapa nasabah, jajaran pimpinan bank yang hadir terdiri dari Direktur Utama Bank Sulselbar, Direktur Operasional & TI, serta Direktur Pemasaran & Syariah.

Selain menjadi ajang silaturahmi, acara ini dimanfaatkan bank untuk memberikan edukasi krusial mengenai pentingnya menjaga kerahasiaan data pribadi di tengah maraknya ancaman cyber crime.

Acara berlangsung interaktif dan meriah berkat adanya kuis berhadiah serta sesi tanya jawab langsung antara nasabah dan para direksi.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama Bank Sulselbar, H. Yulis Suandi, menegaskan komitmen bank untuk terus berinovasi.

“Semoga kita dapat terus bersama dan bertemu lagi di Hari Pelanggan tahun berikutnya,” tegasnya dikutip, Sabtu (6/9/2025).

Tidak berhenti di acara seremonial, komitmen Bank Sulselbar diperkuat dengan menyelenggarakan sebuah podcast yang mengangkat topik “Edukasi Konsumen: Perlindungan Data di Era Digital & Kesetaraan Layanan Disabilitas”.

Podcast ini menghadirkan pembicara dari berbagai latar belakang, yaitu Iswadi Ayub (Direktur Operasional dan TI), Aiman Nuraddin (Plt. Pemimpin Divisi Digitalisasi dan Layanan), Junaidi (perwakilan Forum Kelas Menulis Tuli), dan Fitra Ramadhan (perwakilan komunitas teman tuli).

Melalui podcast, Iswadi Ayub menyampaikan pesan kunci tentang kewaspadaan terhadap keamanan data.

Ia juga menjabarkan langkah-langkah konkret bank, mulai dari memperkuat sistem keamanan, meningkatkan transparansi informasi, menyempurnakan layanan pengaduan, hingga aktif mengedukasi masyarakat.

Lebih lanjut, Iswadi menekankan komitmen bank dalam hal layanan inklusif. “Komitmen kami untuk memberikan layanan setara bagi penyandang disabilitas diwujudkan melalui penyediaan fasilitas kantor yang ramah, pengembangan ATM khusus tunanetra, serta pelatihan bahasa isyarat untuk para frontliner kami,” jelasnya.

Dengan menggabungkan edukasi keamanan siber dan komitmen pada layanan inklusif, Bank Sulselbar membuktikan bahwa peringatan Hari Pelanggan Nasional bukan sekadar ritual tahunan.

Ini adalah momentum strategis untuk memperkuat fondasi layanan perbankan yang aman, inklusif, dan benar-benar berpusat pada kepuasan nasabah.(HL)