JAKARTA – PT Bank OCBC NISP Tbk (“OCBC”) berhasil mencatat pertumbuhan positif, dengan likuiditas yang solid dan permodalan yang kuat. Hingga 30 Juni 2025, Bank membukukan laba bersih sebesar Rp2,57 triliun, tumbuh 7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Pertumbuhan ini didukung oleh jumlah pendapatan yang meningkat sebesar 14% YoY. Jumlah dana pihak ketiga (DPK) meningkat 9% YoY menjadi Rp216,28 triliun, sedangkan jumlah kredit yang diberikan tumbuh 2% YoY menjadi Rp166,34 triliun.
Bank berhasil menjaga kualitas aset yang tercermin dari kredit bermasalah bruto (Gross NPL) yang turun menjadi 1,9% dari 2,0% pada periode yang sama tahun lalu, dan lebih rendah dibandingkan rata-rata industri, sementara NPL Net stabil sebesar 0,7%.

Likuiditas dan permodalan Bank terjaga dengan baik, tercermin dari Liquidity Coverage Ratio (LCR) sebesar 267% dan rasio kecukupan modal (CAR) sebesar 23,6% jauh di atas ketentuan minimum regulator.
“Kami senantiasa berfokus pada pertumbuhan yang berkualitas dan berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya, kami tetap menerapkan prinsip kehatian-hatian serta menjaga keseimbangan antara pencapaian perkembangan dan pengelolaan risiko secara optimal,” jelas Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC pada Kamis 31 Juli 2025.
Dengan fondasi tersebut, Bank terus berupaya mempertahankan pertumbuhan berkelanjutan sekaligus menjaga kualitas aset dan likuiditas yang kuat. Sebagai bagian dari penguatan struktur pendanaan dan dukungan terhadap pertumbuhan kredit yang berkualitas dan berkelanjutan, Bank pun baru-baru ini menerbitkan Obligasi Berkelanjutan IV OCBC Tahap I Tahun 2025 senilai Rp1,5 triliun.
Parwati menambahkan, “Terlepas dari dinamika ekonomi yang terjadi saat ini, bank akan terus aktif berkolaborasi untuk membuka peluang baru agar dapat memperluas akses keuangan, baik dalam pendanaan maupun pengembangan produk dan layanan yang berfokus pada kebutuhan nasabah.” imbuhnya.
Dalam memperkenalkan layanan individu, OCBC secara konsisten mengusung #FUNanciallyFIT yaitu pentingnya mengelola keuangan secara bijak dan menyeimbangkan gaya hidup yang esensial dan berkelanjutan, dengan menghadirkan produk-produk inovatif seperti Kartu Kredit OCBC Voyage, Kartu Kredit OCBC Star Wars Platinum, dan Young NYALA.(*)