Rastranews.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pendidikan resmi meluncurkan Program Kurikulum Muatan Lokal untuk jenjang Sekolah Dasar (SD). Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian HUT ke-418 Kota Makassar dan digelar di Museum Kota Makassar, Jumat (7/11/2025).
Program ini bertujuan memperkuat karakter peserta didik agar tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berakar pada nilai budaya dan kearifan lokal.
Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin, mengatakan pendidikan harus menjadi sarana membentuk pribadi yang berbudaya, sopan, dan saling menghargai.
“Melalui kurikulum muatan lokal, sekolah diharapkan menjadi ruang belajar yang menumbuhkan nilai sopan santun dan saling menghargai,” ujarnya.
Munafri menjelaskan, peluncuran di Museum Kota Makassar memiliki makna simbolis sebagai upaya menghubungkan masa lalu dengan masa depan. Ia menekankan pentingnya menggali kembali nilai-nilai budaya yang mulai hilang di masyarakat modern, seperti Siri’, Sipakatau, dan semangat gotong royong.
“Percuma pintar kalau tidak berakhlak. Pendidikan harus membentuk anak-anak yang santun, tahu menghargai orang tua, dan punya rasa kebersamaan,” tegasnya.
Pemkot Makassar bekerja sama dengan Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam pengembangan kurikulum ini agar terintegrasi secara sistematis dalam pendidikan formal. Program ini akan menjadi proyek percontohan di tingkat SD dan akan diperluas hingga jenjang SMP.
Pelaksana Harian Rektor UNM, Prof. Dr. Farida Patittingi, menyampaikan apresiasi atas inisiatif Pemkot Makassar yang dinilai visioner.
“Pendidikan berbasis kearifan lokal adalah fondasi pembentukan karakter. Anak-anak harus tumbuh dengan rasa bangga terhadap daerahnya,” katanya.
Ia menegaskan nilai-nilai luhur seperti Siri’ na Pacce harus diinternalisasikan dalam proses belajar agar menjadi karakter generasi muda Makassar yang tangguh, berakar, dan berbudaya.
Peluncuran kurikulum ini menjadi langkah nyata Pemkot Makassar dan UNM dalam memperkuat pendidikan karakter berbasis budaya lokal menuju generasi yang unggul dan berkepribadian.

